26 March 2015

Cara Mencari NISN Siswa Jenjang SD, SMP dan SMK/SMA



Cara mencari NISN siswa jenjang SD, SMP dan SMK. Nomor Induk Siswa Nasional atau lebih dikenal dengan singkatan NISN, merupakan nomor induk siswa yang dipakai secara nasional. Nomor ini seharusnya bersifat unik, jadi satu nomor hanya dimiliki oleh satu siswa dan berlaku selama mereka mengenyam pendidikan dari jenjang SD sampai dengan SMK/SMA. Semua itu kini telah bisa diakses secara online.



NISN Online

Cara membuka NISN online bisa dilakukan dengan mudah. Syaratnya ada komputer atau laptop yang terkoneksi internet. Atau bisa juga membuka lewat handphone yang mendukung NISN online. Semisal smartphone.

Langkah mencari NISN Siswa.
1.    Masuk ke website NISN online http://nisn.data.kemdikbud.go.id
2.    Pilih Data NISN
3.    Pilih pencarian berdasarkan nama
4.    Isikan nama, tempat lahir dan tanggal lahir
5.    Pastikan nama yang diinput sama dengan data awal saat mendaftar NISN
6.    Lalu klik Cari
7.    Tunggu hingga muncul data NISN

Bila ada beberapa nomor yang muncul, itu tandanya ada naman dan data tempat tanggal lahir yang persis.

Mengapa  data NISN tidak ada? Muncul No records to display

Itu artinya nama dan tanggal lahir yang terekan di server berbeda dengan yang Anda ketikkan. Biasanya pas pengajuan awal di SD penginputan namanya tidak tepat. Misal : Tommy di sana waktu pendaftaran ditulis Tomi. Tanggal lahir 21/05/2002 ditulis 21/06/2002. Untuk mengatasinya cobalah memasukan nama dengan berbagai variasi yang mirip. Tanpa mengubah tanggal lahir yang sebenarnya. Misal : Tommy, coba tuliskan Tomy, Tommi, atau Tomi.

NISN sangat penting terutama untuk pendaftaran Ujian Nasional. Jika pencarian online tidak berhasil. Anda bisa mencari data NISN di SD tempat awal mendaftar. Karena biasanya NISN didaftarkan di SD pertama kali Anda bersekolah.


1 comment:

  1. ini sangat memudahkan bagi administrasi sekolah
    makasih ya

    ReplyDelete